Pertanyaan Yang Sering Muncul Tentang Laporan Keuangan

pertanyaan-seputar-laporan-keuangan

Terdapat banyak hal yang dapat dibahas pada saat Rapat Akhir Tahun (RAT) dalam sebuah perusahaan. Salah satunya adalah mengenai laporan keuangan perusahaan. Rapat Akhir Tahun adalah sebuah momen yang sangat penting untuk membicarakan apa saja yang terjadi dan yang akan direncanakan untuk kedepannya demi kemajuan sebuah perusahaan.

Salah satu hal paling penting adalah mengenai laporan keuangan. Terdapat beberapa pertanyaan yang kemungkinan besar atau sangat mungkin ditanyakan pada saat RAT. Berikut adalah daftar sekaligus ulasannya.

Pertanyaan Mengenai Laba atau Rugi

Pertanyaan tentang laporan keuangan yang satu ini tentu menjadi pertanyaan yang paling umum ditanyakan. Pemilik perusahaan pasti akan sangat senang jika laporan keuangan tersebut mengatakan sebuah untung atau laba. Namun bagaimana saat laporan tersebut menunjukkan kerugian? Maka anda dapat menjelaskan beberapa unsur yang dapat mempengaruhinya. Biasanya, kerugian terjadi karena:

  1. Pembelian persediaan yang tinggi tetapi tidak seimbang dengan kenaikan harga jual. Biasanya hal ini sering terjadi karena perusahaan tidak mau kalah saing dengan kompetitor bisnis. Dengan demikian, harga tidak akan dinaikkan meskipun terjadi pembelian persediaan yang tinggi.
  2. Terdapat potongan penjualan yang tidak terkontrol. Biasanya perusahaan akan memberikan potongan harga untuk menarik pembeli agar mudah tergiur. Hal tersebut memang sangat wajar dan kerap terjadi dalam sebuah bisnis. Namun, seharusnya, potongan harga diberikan atau dikeluarkan pada saat ada acara tertentu atau promo tertentu. Tentu saja hal tersebut bertujuan agar pasangan dapat terkontrol dengan baik.
  3. Modal pembelian persediaan dari hutang bank. Unsur yang terjadi dalam sebuah perusahaan ini dapat anda jelaskan saat pertanyaan tentang laporan keuangan terlontar. Hutang bank bisa terjadi untuk sebuah perusahaan sebagai tambahan modal. Namun, biasanya jika hutang tersebut dipakai untuk membeli persediaan barang, maka akan terdapat keuntungan yang harus dikurangi karena harus membayar bunga dari pinjaman perusahaan.
  4. Biaya operasional yang tidak terkontrol. Perusahaan yang mengeluarkan biaya operasional dan belanja yang tidak terkontrol akan mempengaruhi keuntungan dan kerugian sebuah perusahaan.


Pertanyaan Mengenai Perbandingan Biaya Tahun Sebelumnya

Pertanyaan selanjutnya biasanya mengenai biaya operasional sebuah perusahaan. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah usaha. Walaupun perusahaan dalam keadaan untung atau laba. Namun, biaya operasional harus tetap terkontrol supaya tidak terjadi penyelewengan anggaran.

Pertanyaan Mengenai Perbandingan Laba dengan Kas

Biasanya, pertanyaan tentang laporan keuangan ini terjadi pada saat pemilik perusahaan mengetahui jika tidak terdapat penambahan kas padahal laporan keuangan perusahaan mengalami untung atau laba. Jika hal ini terjadi, anda pun dapat menjelaskan mengenai beberapa unsur yang dapat mempengaruhinya. Diantaranya adalah:

  1. Terdapat perputaran yang tersendat. Hal itu berarti terdapat ketidakseimbangan belanja persediaan dengan penjualan yang dilakukan. Dengan demikian, uang yang diterima dari penjualan telah keluar semua untuk pembelian, bahkan terdapat kemungkinan defisit atau pengurangan kas dari yang sebelumnya.
  2. Terdapat hutang yang harus dibayar. Tentu saja ini akan sangat berpengaruh pada keadaan kas perusahaan. Kas akan keluar pada saat perusahaan harus membayar sejumlah uang untuk hutang bank atau hutang pinjaman yang lainnya.
  3. Tingginya penarikan modal (prive) oleh pemimpin perusahaan. Hal ini seringkali terjadi pada perusahaan perseorangan.

 

Selain ketiga pertanyaan tentang laporan keuangan tersebut di atas, sebenarnya masih banyak kemungkinan pemimpin perusahaan, para pemegang saham atau calon investor akan menanyakan kondisi laporan keuangan perusahaan. Bahkan, mereka akan mengamati perkembangannya untuk menentukan tujuan investasi masa depan atau jangka panjang perusahaan.

Kemudian, dengan menjawab paling tidak tiga dari beberapa kemungkinan pertanyaan yang dilontarkan. Maka, mereka, para pemimpin perusahaan akan mengetahui kondisi yang sebenarnya dari perusahaan mereka. Salah satunya dari pertanyaan tentang laporan keuangan sebuah perusahaan. Dengan adanya laporan keuangan yang jelas, maka akan diketahui sehat atau tidaknya sebuah perusahaan.

Kesimpulan

Jangan sungkan untuk melakukan pengajuan konsultasi dengan tim kami lewat form berikut atau lewat Whatsapp. Kami siap membantu mengembangkan bisnis Anda.

+62 812 9325 7362